Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi


Seorang dokter spesialis ObGyn atau kepanjangan dari Obstetri dan Ginekologi adalah sebuah gelar spesialisasi kedokteran yang menangani bidang kesehatan wanita khususnya bagian reproduksi. Dokter ObGyn biasanya juga disebut dokter spesialis kandungan/ginekolog/dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Gelar yang didapat sebagai dokter spesialis ObGyn adalah Sp.OG yang memiliki kepanjangan Spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Obstetri
Obstetri adalah cabang ilmu spesialisasi kedokteran yang berkaitan dengan kebidanan. Termasuk seperti persalinan, kehamilan, dan nifas. Obstetri berfokus pada perawatan dan pemeliharaan kesehatan wanita secara keseluruhan selama bersalin.

Ginekologi
Ginekologi adalah cabang ilmu spesialisasi kedokteran yang berhubungan dengan segala penyakit dan gangguan yang mempengaruhi sistem reproduksi wanita. Cabang kedokteran ini juga termasuk skrining untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan payudara wanita.

Kedua cabang ilmu spesialisasi kedokteran tersebut tidak dapat dipisahkan karena saling berkaitan/berhubungan satu sama lain.

Persyaratan Pendidikan dan Pelatihan

Seorang ObGyn harus terlebih dulu menyelesaikan gelar sarjana kedokteran dan empat tahun menjalani sekolah pelatihan medis khusus OB-GYN. Setelah selesai sekolah kedokteran anda harus menjalani 4 tahun lagi pendidikan tingkat pascasarjana sebagai spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Dokter akan belajar tentang masalah reproduksi, kehamilan, kebidanan, atau isu-isu terkait kesehatan lainnya pada wanita termasuk aborsi atau kuretase. Belajar tentang : diagnosa, pengobatan, pengelolaan, dan pencegahan. Seorang dokter ObGyn juga harus mengikuti ujian pemeliharaan setiap enam tahun untuk mempertahankan sertifikasi mereka.

Posting Komentar

0 Komentar